Monday, April 16, 2012

JUKLAK TM


KETENTUAN LOMBA

1.         Peserta adalah anggota pramuka penegak SMA sederajat se-Jawa Tengah.
2.         Satu pangkalan terdiri dari satu sangga putra dan satu sangga putri.
3.         Juara Umum diperoleh dari akumulasi nilai satu pangkalan yang terdiri dari satu sangga Putra dan satu sangga Putri. Bila lebih dari itu, maka dipisahkan.
       Contoh     :          SMA N 3 A                dengan                                    SMA N 3 B 
4.         Setiap sangga terdiri dari 10 orang putra (sangga putra) atau 10 orang putri (sangga putri)

PERATURAN PESERTA

1.    Para peserta wajib menggunakan pakaian pramuka lengkap.
2.    Para peserta harus benar-benar merupakan utusan dari sekolah yang bersangkutan, dibuktikan dengan surat tugas dan kartu OSIS.
3.    Para peserta dilarang memasuki daerah terlarang.
4.    Para peserta dilarang membawa senjata tajam atau benda yang tidak seharusnya dibawa (rokok, miras, narkoba, dll) kecuali senjata tajam seperti pisau untuk perlengkapan lomba.
5.    Para peserta wajib mengenakan cocard dan gelang tanda peserta selama pelaksanaan acara.
6.    Para peserta dilarang melakukan kecurangan atau mengganggu peserta lain.
7.    Para peserta dilarang mengganti anggota sangga.
8.    Semua peralatan dibawa sendiri oleh peserta kecuali lembar jawaban. Lembar jawaban disediakan oleh panitia.
9.    Panitia menyediakan tempat untuk parkir kendaraan bermotor. Namun, panitia tidak bertanggung jawab atas kehilangan kendaraan dan barang-barang lain.
10.  Selama kegiatan berlangsung peserta dilarang keluar dari arena perlombaan.
11.  Para peserta dilarang merusak atau mengotori lingkungan SMA N 3 Semarang atau area lomba.
12.  Para peserta diwajibkan mematuhi peraturan.
13.  Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

PERATURAN PEMBINA PENDAMPING

1.    Pembina pendamping mengenakan pakaian yang sopan dan mengenakan cocard selama pelaksanaan acara.
2.    Pembina dilarang membantu atau mendampingi peserta saat melaksanakan kegiatan lomba.
3.    Pembina dilarang bekerjasama atau mengganggu peserta lomba lain saat lomba berlangsung.
4.    Pembina dilarang memasuki daerah terlarang yang telah ditentukan.
5.    Pembina pendamping wajib mematuhi peraturan.
6.    Pembina yang mengalami kendala harap melapor ke sekretariat.
7.    Pembina dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun kepada juri atau panitia.

TEKNIS LOMBA

Perlombaan yang akan dilombakan meliputi:
1.      CTC (Challenge to Change)
2.      Hasta Karya
3.      Essay
4.      Karikatur Pahlawan
5.      Kreasi Minuman
6.      Soeringgit The Explorer
a.      P3K+D
b.     Halang Rintang
c.      Sandi
d.     KIM (Ketepatan Indra Me-)
7.      Pensi (Soeringgit Mencari Bakat)

Dengan perincian sebagai berikut:
1.      CTC (Challenge to Change)
Ø  Peserta                       : 3 orang tiap sangga
Ø  Teknis                        :
-          CTC merupakan lomba PUPUK yang dilaksanakan dengan sistem game.
-          Salah satu peserta dari perwakilan tiap sangga bersiap untuk mengambil amplop yang berisi lembar jawaban dari panitia sedangkan sisanya tetap berada di Daerah Persiapan untuk menunggu pembacaan soal dari panitia
-          Peluit pertama, peserta yang bertugas mencari amplop mulai mencari amplop dari panitia. Peserta hanya diberikan waktu satu menit untuk mencari amplop
-          Setelah peluit kedua dibunyikan peserta yang mencari amplop wajib kembali ke Daerah Persiapan. Lalu peserta mengerjakan soal yang di DIKTE oleh panitia.
-          Saat proses pencarian amplop akan ada gangguan yang diberikan panitia.
-          Pencarian amplop antara sangga putra dan putri terpisah di arena yang berbeda.
-          Amplop yang terambil harus dan hanya 1 amplop tiap sangga.
-          Peserta tidak boleh saling mengganggu selama proses pencarian amplop.
-          Peserta dilarang melakukan kontak fisik selama proses pencarian amplop.
-          Soal berupa isian singkat, yang berisi 40 % Pengetahuan Umum berupa berita aktual dari tanggal 1 Desember 2011 sampai 7 April 2012 dan 60 % Pengetahuan Umum Kepramukaan.
-          Peserta tidak boleh membawa catatan dalam bentuk apapun.
-          Peserta dilarang bekerja sama dengan sangga lain
-          Setelah pembacaan soal selesai, peserta diberikan waktu 30 detik untuk mengumpulkan lembar jawaban kepada panitia. Bila lebih dari 30 detik dianggap gugur.
-          Nilai CTC  murni dimasukkan ke dalam rekap Kejuaraan Umum
-          5 sangga yang mendapat skor tertinggi berhak mengikuti CTC final untuk memperebutkan Piala Juara Teladan
-          CTC dibagi menjadi 3 sesi (tiap sesi terdiri dari sesi perebutan dan sesi pembacaan soal):
§  Sesi 1 : 15 soal
§  Sesi 2 : 15 soal
§  Sesi 3 : 20 soal
Ø Aspek penilaian         :
Aspek penilaian berupa ketepatan soal.
-          Jawaban Benar    : @2 poin
-          Jawaban Salah      : @0 poin
Hasil akhir = Nilai Sesi 1 + Nilai Sesi 2 + Nilai Sesi 3
-          Nilai minimal 0
-          Nilai maksimal 100
Ø CTC final dibagi menjadi 3 sesi:
§  Sesi 1                   : tiap sangga mengambil 1 amplop secara acak yang berisi 5 pertanyaan wajib. Menjawab benar nilai 100, menjawab salah nilai 0, tidak menjawab nilai 0.
§  Sesi 2                   : tiap sangga mengambil 1 amplop secara acak yang berisi 5 pertanyaan lemparan. Jika salah / tidak menjawab maka pertanyaan tersebut akan diberikan kepada sangga selanjutnya. Menjawab benar nilai 100, menjawab salah nilai 0, tidak menjawab nilai 0.
§  Sesi 3                   : tiap sangga menjawab 20 pertanyaan rebutan. Sangga yang terlebih dahulu melambaikan bendera dari panitia berhak menjawab pertanyaan terlebih dahulu. Jika menjawab benar nilai 100, menjawab salah nilai -50, tidak menjawab nilai 0.
§  Peserta CTC Final harus sama dengan peserta CTC penyisihan.
§  Nilai CTC final tidak dimasukkan dalam rekap Kejuaraan umum.

2.      HASTA KARYA
Ø  Peserta                       : 3 orang tiap sangga
Ø  Waktu                       : 30 menit
Ø  Teknis                        :
-          Peserta mulai membuat hasta karya setelah 1 kali peluit panjang, peluit kedua berbunyi pertanda 5 menit terakhir, dan peluit panjang terakhir menandakan waktu telah habis.
-         Menggunakan bahan utama yaitu botol plastik.
-         Bahan utama maupun bahan lainnya dan alat dibawa dari pangkalan masing-masing.
-         Komposisi bahan selain bahan utama maksimal 25%.
-         Peserta membuat dari awal hingga akhir di tempat lomba.
-         Barang jadi yang menjadi hak milik panitia adalah karya juara 1, 2, dan 3.
-         Kebersihan tempat merupakan tanggung jawab peserta.
Ø  Aspek penilaian         :
-         Kreativitas                        : 16 - 40
-         Pemakaian bahan utama   : 12 - 30
-         Keindahan                        : 10 - 25
-         Kebersihan tempat            : 2 - 5
-         Nilai minimal 40
-         Nilai maksimal 100

3.      ESSAY
Ø  Peserta                    : 1 orang tiap sangga
Ø  Waktu                     : 40 menit
Ø  Teknis                     :
-          Peserta membuat essay sesuai dengan tema yang diberikan panitia saat lomba.
-          Terdapat 3 alternatif tema  yang akan dipilih secara acak oleh peserta pada hari pelaksanaan.
-          Alternatif tema :
§  Pramuka sebagai penggerak kedisiplinan di lingkungan sekolah.
§  Pramuka sebagai penggerak kedisiplinan di jalan raya
§  Pramuka sebagai penggerak kedisiplinan di fasilitas umum
-          Lembar jawab disediakan oleh panitia berupa 2 lembar kertas folio bergaris.
-          Alat tulis dibawa sendiri oleh peserta.
-          Panjang essay minimal 1000 kata.
Ø  Aspek penilaian      :
-          Ketepatan isi dengan tema        : 16 - 40
-          Struktur penulisan                      : 12 - 30
-          Bahasa                                       : 12 - 30
-          Nilai minimal 40
-          Nilai maksimal 100

4.       KARIKATUR PAHLAWAN
Ø  Peserta                    : 1 orang tiap sangga
Ø  Waktu                     : 40 menit
Ø  Teknis                     :
-          Peserta menggambar karikatur tokoh ‘Pahlawan Nasional’ dengan tema Kepemimpinan.
-          Kertas gambar disediakan panitia berupa kertas gambar ukuran A4.
-          Alat gambar dibawa sendiri oleh peserta.( pensil / spidol / bolpoin HITAM )
-          Gambar tidak boleh diwarnai (berformat HITAM PUTIH)
-          Peserta diperbolehkan membawa foto pahlawan nasional.
-          Hasil karya menjadi hak milik panitia.
-          Peserta menulis makna dan penjelasan singkat tentang pahlawan tersebut pada bagian bawah karikatur.
Ø  Aspek penilaian      :
-          Kreativitas                    : 14 - 35
-          Kesesuaian tema            : 12 - 30
-          Keindahan                     : 8 - 20
-          Makna gambar               : 6 – 15
-          Nilai minimal 40
-          Nilai maksimal 100
                                        
5.       KREASI MINUMAN
Ø  Peserta                    : 2 orang tiap sangga
Ø  Waktu                     : 15 menit
Ø  Teknis                     :
-          Minuman yang dibuat  adalah  minuman dingin.
-          Bahan utama yang digunakan adalah MENTIMUN.
-          Peserta mulai membuat kreasi minuman setelah 1 kali peluit panjang, peluit kedua berbunyi pertanda 3 menit terakhir, dan peluit panjang terakhir menandakan waktu telah habis.
-          Peserta membawa sendiri alat dan bahan utama.
-          Peserta membuat 3 porsi minuman.
-          Peserta yang menggunakan peralatan elektronik diharap membawa rol kabel.
-          Sebelum membuat minuman, peserta diwajibkan mengumpulkan resep minuman tersebut dalam bentuk print out kepada panitia.
Ø  Aspek penilaian      :
-          Cita rasa                        : 16 – 40
-          Kreativitas                     : 12 - 30
-          Penyajian                       : 8 – 20
-          Kebersihan tempat        : 4 – 10
-          Nilai minimal 40
-          Nilai maksimal 100


6.       SOERINGGIT THE EXPLORER
a.     PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN + DRAGBAR (P3K+D)
Ø  Peserta    : 5 orang tiap sangga (2 orang PENANGANAN, 2 orang DRAGBAR, dan 1 orang KORBAN)
Ø  Waktu     : 10 menit
Ø  Teknis     :
-      Peserta PENANGANAN mendengarkan petunjuk dari panitia. Peserta mempraktekkan pertolongan sesuai kondisi korban seperti pembalutan, pemberhentian pendarahan, dll. Presentasi dilakukan bersamaan dengan praktek penanganan. Teknik P3K yang dipergunakan adalah teknik P3K pramuka.
-      Peserta DRAGBAR membuat dragbar standar pramuka dengan menggunakan bambu ukuran sedang dengan lebar maksimal 1 m yang akan dipergunakan untuk lomba halang rintang. Waktu pembuatan dragbar selama 10 menit dan tidak ada penambahan waktu. Hasil akhir adalah hasil dragbar selama batas waktu 10 menit. Setelah penilaian peserta diperbolehkan memperbaiki dragbarnya untuk lomba halang rintang.
-      Perlengkapan dragbar dan P3K dibawa dari pangkalan masing-masing.
-      Peserta tidak boleh membawa catatan dalam bentuk apapun.
-      Peserta dilarang bekerja sama dengan sangga lain
-      Peserta PENANGANAN jika sudah selesai atas tugasnya, tidak diperkenankan membantu peserta DRAGBAR, begitu pula sebaliknya.
Ø  Aspek penilaian         :
-          Dragbar
o   Kekuatan ikatan       : 20 - 50
o   Ketepatan ikatan      : 14 - 35
o   Kerapian                   : 6 – 15
o   Nilai minimal 40
o   Nilai maksimal 100
-          Penanganan
o   Teknik P3K              : 24 - 60
o   Presentasi                  : 10 - 25
o   Kerapian                   : 6 – 15
o   Nilai minimal 40
o   Nilai maksimal 100
-          Nilai Akhir = Nilai Dragbar + Nilai Penanganan
                                                2



b.   HALANG RINTANG
Ø  Peserta          : 5 orang tiap sangga (4 orang DRAGBAR dan 1 orang KORBAN)
Ø  Waktu          : 10 menit
Ø  Teknis           :
-          Peserta melewati halang rintang secepat dan secermat mungkin.
-          Korban merupakan korban lomba P3KD sedangkan dragbar yang dipergunakan adalah dragbar yang dibuat peserta di pos P3KD.
-          Arena lomba berdekatan dengan area lomba P3KD.
-          Peserta melakukan evakuasi korban dengan menggunakan dragbar melewati arena halang rintang
Ø  Aspek penilaian         :
-          Teknik evakuasi             : 16 - 40
-          Kecepatan                      : 14 – 35
-          Kerjasama                      : 10 – 25
-          Nilai minimal 40
-          Nilai maksimal 100

c.      SANDI
Ø  Peserta        : 5 orang tiap sangga
Ø  Waktu         : 5 menit
Ø  Teknis         :
-          Peserta mengerjakan soal-soal berisi sandi yang disediakan panitia, yaitu 3 soal sandi tingkat 3 dan 2 soal sandi logika.
-          Tiap soal terdiri atas 5 kata.
-          Pengerjaan sandi selama 5 menit.
-          Setelah pengerjaan peserta mengumpulkan lembar jawab kepada panitia.
-          Lembar jawab disediakan oleh panitia.
-          Peserta dilarang membawa catatan dengan bentuk apapun.
-          Peserta dilarang bekerja sama dengan sangga lain.
Ø  Aspek penilaian       :
-          Ketepatan jawaban
Tiap kata benar  : 4 poin
Tiap kata salah   : 0 poin
-          Nilai maksimal 100
-          Nilai minimal 0





d.    KIM (Ketepatan Indra Manusia)
Ø  Teknis         :
-          Setiap orang dibagi menjadi beberapa pos yaitu pos Melihat (2 orang), Mencium (2 orang), dan Meraba (1 orang).
-          Melihat              :
o   Mengidentifikasi gambar pahlawan nasional.
o   Peserta memasuki daerah persiapan.
o   Peluit pertama dibunyikan peserta lari menuju kotak tempat gambar pahlawan tersebut.
o   Peserta diperlihatkan 20 gambar pahlawan selama 90 detik,
o   Kemudian peserta menulis jawaban berupa nama pahlawan secara urut di lembar jawab yang disediakan panitia selama 90 detik.
o   Peluit terakhir dibunyikan, peserta lari kembali ke daerah persiapan untuk menyerahkan lembar jawaban kepada panitia.
-          Mencium           :
o   Mengidentifikasi bumbu dapur.
o   Peserta mencium benda tertutup dengan mata terbuka.
o   Ketika peluit pertama dibunyikan, peserta mencium 15 bumbu dapur selama 60 detik,
o   Peluit kedua dibunyikan, peserta menulis jawaban secara urut di lembar jawab yang disediakan panitia selama 1 menit.
-          Meraba                          :
o   Mengidentifikasi huruf dengan mata tertutup.
o   Peserta meraba 10 huruf yang disediakan panitia.
o   Lalu menyusunnya dalam bahasa Inggris sesuai kata yang disebutkan panitia selama 3 menit.
o   Jika tertukar / terbalik susunan hurufnya dianggap salah.
-          Peserta dilarang bekerja sama dengan sangga lain.
Ø  Aspek penilaian       :
-          Ketepatan jawaban
a.  Melihat
Jawaban benar                : 2
Jawaban salah                : 0
Nilai maksimum                                                 40
b. Mencium
Jawaban benar                : 2
Jawaban salah                :0
Nilai maksimum                                                 30



c. Meraba
Tiap huruf benar             : 3
Tiap huruf salah             : 0
Nilai maksimum                                                 30  +
-          Nilai total maksimal                                         100
-          Nilai minimal                                                        0

7.       PENSI (Soeringgit Mencari Bakat)
Ø  Peserta                    : 1 pangkalan ( minimal 4 orang, maksimal 10 orang)
Ø  Waktu                     : 8 menit ( 6 menit penampilan + 2 menit persiapan)
Ø  Teknis                     :
-          Peserta menampilkan sebuah ilustasi dari lagu yang digabungkan.
-          Peserta diharuskan me-remix/menggabung lagu daerah dan modern dengan persentase lagu daerah 50% dan lagu modern 50%.
-          Peserta diwajibkan menampilkan unsur kebudayaan Indonesia.
-          Lagu diserahkan pada panitia dalam bentuk CD pada saat daftar ulang.
-          Tidak boleh melibatkan unsur SARA.
-          Wajib menggunakan properti.
-          Panitia tidak menyediakan microphone bagi peserta.
Ø  Aspek penilaian      :
-          Performance                                          : 14 – 35
-          Kreativitas                                             : 10 – 25
-          Keselarasan gerak  dengan lagu            : 10 – 25
-          Properti                                                 : 6 – 15
-          Nilai minimal 40
-          Nilai maksimal 100



KEJUARAAN

1.         Juara per bidang Putra dan Putri mendapatkan juara per bidang. Meliputi:
a.          Hasta Karya
b.         Essay
c.          Karikatur
d.         Kreasi Minuman
e.          P3KD
f.          Halang Rintang
g.         Sandi
h.         KIM
2.      Juara Terbaik 1, 2, dan 3 sangga Putra-Putri akan diperoleh dari akumulasi lomba        :
a.          Hasta Karya
b.         Essay
c.          Karikatur
d.         Kreasi Minuman
e.          P3KD
f.          Halang Rintang
g.         Sandi
h.         KIM
3.         Juara Favorit 1, 2, dan 3 pangkalan akan diperoleh dari akumulasi lomba Pensi
4.         Juara Teladan 1, 2, dan 3 sangga Putra-Putri akan diperoleh dari akumulasi lomba CTC final
5.         Juara Umum diperoleh dari akumulasi nilai dua sangga dalam satu pangkalan dalam mata lomba:
a.          CTC
b.         Hasta Karya
c.          Essay
d.         Karikatur
e.          Kreasi Minuman
f.          P3KD
g.         Halang Rintang
h.         Sandi
i.           KIM
6.         Juara Umum diperoleh dari akumulasi nilai satu pangkalan yang terdiri dari satu sangga Putra dan satu sangga Putri. Bila lebih dari itu, maka dipisahkan.
Contoh     :          SMA N 3 A                dengan                                    SMA N 3 B 
ju

 
 





No comments:

Post a Comment